Selasa, 26 November 2013

7 Makanan yang Dilarang di Berbagai Negara


7 Makanan yang Dilarang di Berbagai Negara
7 Makanan Yang Dilarang Di Beberapa Negara

Tiap negara mempunyai makanan khasnya masing-masing. Namun, ada sejumlah makanan terbukti berbahaya bagi konsumen dan berisiko kerena mikro organisme yang dikandungnya. Sehingga makanan berbahaya ini dilarang di beberapa negara demi keamanan konsumennya. Mengapa makanan tersebut bisa dilarang di suatu negara? Berikut tujuh makanan yang di larang di beberapa negara, dilansir magforwoman. 




1. Susu mentah 
Susu mentah atau dipasteurisasi ternyata mengandung beberapa bakteri dan kuman yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit lambung. Selain itu susu mentah merupakan salah satu sumber keracunan. Karena itu dilarang sepenuhnya dan sebagian di beberapa negara, terutama Amerika. Salah satu cara aman untuk mematikan bakteri adalah dipanaskan dengan suhu tinggi, baik pasteurisasi atau UHT. Metode ini bisa mematikan bakteri literia, salmonella dan juga E.coli. 


2. Fugu 

Fugu adalah hidangan Jepang yang terkenal yang terbuat dari ikan buntal. Mengonsumsi ikan ini sama saja seperti menjemput ajal. Meskipun sangat lezat, fugu mengandung bahan kimia serta racun. Sehingga harus hati-hati dalam mengolahnya sampai racun benar-benar hilang. Karena berisiko tinggi, maka ikan buntal telah dilarang hampir di seluruh dunia. 

3. Manggis

 Amerika Serikat telah melarang impor buah manggis dari Asia Selatan karena takut bahwa buah akan membawa lalat buah Asia di benua itu. Tapi larangan itu dicabut pada tahun 2007 pada kondisi bahwa buah akan disinari, yag sepenuhnya menyingkirkan serangga sebelum sampai di AS. Cina juga pernah menolak manggis asal Bali karena lalat buah di dalamnya. 

4. Foie gras

 Foie gras atau yang dikenal juga dengan fat liver adalah hidangan mewah dari Prancis. Makanan yang berasal dari hati angsa ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang pernah mencicipinya. ukuran hati angsa yang besar membuat puas para pelanggan. Namun tahukah Anda jika proses pembuatannya sangat menyedihkan? Angsa akan dipaksa makan meski tidak mau untuk mengembangkan lemak hatinya. Sebuah pipa logam melewati tenggorokan ke perut angsa bahkan jika mereka tidak mau makan apa-apa. Proses ini untuk membuat hati mereka lebih besar dan gemuk. Apa Anda masih tega untuk menyantapnya?? 

5. Kinder eggs chocolate 

Rasanya mengejutkan karena permen berupa coklat ini tampak tidak berbahaya untuk anak-anak. Permen tersebut dilarang di AS karena telur coklat memiliki sebuah lubang di mana ada mainan yang disembunyikan di dalamnya. Pemerintah merasa bahwa hal ini dapat menyebabkan tersedak bahaya untuk anak-anak. 

6. Haggis 

Haggis adalah hidangan asal Skotlandia yang seluruhnya terbuat yang bahan dasarnya adalah jeroan domba yaitu hati, jantung dan paru-paru yang dicincang halus bersama bawang bombai, oatmeal beberapa rempah juga garam serta dimasukan kedalam usus domba dan direbus bersama selama kurang lebih 3 jam. Pemerintah Amerika melarang impor makanan ini karena merasa paru-paru domba tidak layak untuk dikonsumsi. 

7. Sup sirip hiu

 Hidangan ini masih menjadi makanan favorit di Cina. Namun di sejumlah negara termasuk Malaysia, Amerika Serikat, Hong Kong, Taiwan, dll, telah memutuskan jika hidangan ini ilegal karena menyebabkan kematian dan kepunahan ikan hiu, karena sirip mereka dipotong dan mereka dibiarkan mati cacat di laut. Apakah Anda mementingkan ego Anda untuk menyantap hidangan ini atau melestarikan ikan hiu? Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Apakah tetap nekat mengonsumsi makanan yang dilarang tersebut atau mencari alternatif bahan pangan lainnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar